Jumat, 23 November 2012

Artikel SNSD pada Koran Inggris

Setelah hampir dua bulan pria gemuk 34 tahun dengan paduan suara menarik dan dengan koreografinya yang lucu melonjak ke puncak tangga lagu pop Inggris, dunia
penuh dengan Gangnam Style. Psy, rapper Korea dengan virus video sensainya (jumlah penonton Youtube tetap di angka 738.000.000 dan terus meningkat) melahirkan segudang video tiruan dari orang-orang yang merupakan murid angkatan laut AS di Eton, menjadi artis Korea pertama yang mendapatkan nama dan statusnya diluar K- pop terutama dilahan Asia.
Sekarang tampak Psy telah merintis jejak. Girls ‘Generation, Girls’ group asal Korea yang berjumlah Sembilan orang yang telah meraup jutaan penjualan di seluruh Asia timur jauh sebelum Psy membuat horseriding diterima secara sosial, siap untuk merilis album pertama mereka yang direkam sepenuhnya dalam bahasa Inggris.
Untuk sementara akan dirilis tahun depan oleh labelnya Lady Gaga, Interscope, album ini menandai upaya serius pertama kelompok mereka bagi penggemar music berbahasa Inggris. Para wanita, yang semuanya berusia antara 21 dan 23, adalah pilihan yang jelas untuk mengambil mantel Psy di Inggris, di mana seniman yang menjual jutaan album di Korea dan Jepang yang hanya diketahui oleh sejumlah kecil K-pop peminatnya.
Sejak debut mereka pada tahun 2007 dengan Into The New World, band yang sangat dipoles dengan kecenderungan memakai Hotpants, telah berada di puncak Hallyu, gelombang budaya Korea Pop yang telah mematahkan bahkan pasar Jepang yang terkenal rumit, yang kedua terbesar di dunia setelah AS.
“Ini tidak mengejutkan saya sama sekali bahwa Girls ‘Generation yang melakukannya,” kata Steve McClure, eksekutif editor Berita Music McClure di Asia yang berbasis di Tokyo. “Pasar Korea Selatan terbatas, sehingga menang atas penggemar baru di luar negeri selalu menjadi bagian dari strategi K-pop Fakta bahwa mereka mengekori Psy adalah hanya keberuntungan murni. Itu hanya membuatnya lebih mudah daripada mungkin tanpa dia.”
Group terbesar yang sukses di luar negeri sampai saat ini telah datang di Jepang – yang memiliki sekitar 80% dari total pendapatan KPop – di mana mereka segera berdiri di antara rekan-rekan mereka dari manisnya dunia JPop. Setelah serangkaian hits dan penghargaan terobosan terjadi dengan hit pada tahun 2009, beberapa pengamat K-pop harus menunggu lama sebelum Girls ‘Generation mengalihkan perhatian mereka ke pasar berbahasa Inggris.
Mereka telah mengatasi kendala bahasa dengan mudah. Dua dari lima album studio mereka yang dirilis dalam bahasa Jepang, tiga dari penyanyi yang lahir dan dibesarkan di Amerika Serikat dan semuanya mampu berbahasa Inggris, penampilan yang bagus di Late Show dengan David Letterman awal tahun ini.
Dalam lima tahun sejak mereka debut, Girls ‘Generation telah meraup penjualan sampai lebih dari 30 juta single digital dan album 4.4m, dibantu oleh promotor dan agen manajemen pintar dari Korea, SM Entertainment, yang telah memupuk bakat mereka, dan citra mereka yang tak bercela, selama lebih dari satu dekade.
2011 group ini merilis single The Boys dalam bahasa Inggris maupun Korea dan Jepang. Pada tahun itu group ini memperoleh lebih dari $ 88m untuk SM Entertainment, dan mereka diharapkan untuk mendapatkan double pada tahun ini. “Lagu GG ini telah menular di pop,” kata Robert Poole, chief executive SomethingDrastic, promotor musik yang berbasis di Tokyo Asia. “Sulit untuk tidak menyukai Gee, dan begitu saya mendengar Mr.Taxi , saya pikir mereka harus membuat versi bahasa Inggris.”
Industri ahli mengatakan mereka beraliran dari electropop dan produksi video yang bagus akan memudahkan mereka ke pasar asing di luar Asia. “Girls’ Generation benar-benar sesuai dengan keinginan pasar,” kata Mio Scobie, editor luar negeri majalah Us Weekly. “Mereka menghasilkan ketukaan yang baik, ketukan cepat yang mengesankan dan, karena itu saya yakin orang telah menyadari bahwa mereka menakjubkan.
“Pendengar dari Inggris sangat menyukai berbagai jenis variasi, sehingga mereka akan kecewa apabila mendapatkan KPop lainnya bergaya seperti Psy, dan aku ragu itu akan terjadi,” kata Scobie, dia menambahkan Psy memiliki “pemasaran brilian” untuk genre K-pop. “Album ini akan menjadi hit terlepas dari berapa banyak pendengar baru yang bermunculan. Penggemar Girls ‘Generation sangat setia dan akan siap untuk membeli dan men-download semua mengenai mereka..”
Group ini dengan hati-hati membentuk citra mereka yang terbukti dengan banyaknya dukungan dari berbagai produk mereka mulai dari pekerjaan Unicef dengan anak-anak di Afrika serta dalam membantu para korban tsunami tahun lalu di Jepang.
Menurut laporan mereka hidup bersama, tidur berdua dalam satu kamar kecuali Tiffany, yang memiliki satu kamar untuk dirinya sendiri. Ini benar-benar hal yang mengherankan bagi seniman K-pop lainnya karena mereka menerima banyak permintaan untuk tampil bagi militer Korea Selatan.
Indotrans by : SONE Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar